Mengenal dan Mengetahui Jenis-Jenis Cat Lantai

Mengenal dan Mengetahui Jenis-Jenis Cat Lantai. Untuk memperoleh permukaan lantai yang terlihat rapi, bersih, dan indah, maka Anda membutuhkan cat lantai khusus atau Epoxy Lantai. Keindahan dan kerapian lantai bangunan Anda pasti akan membuat aktivitas yang Anda lakukan lebih bersemangat dan memberikan kesan tersendiri. Lantai yang terlihat eksklusif dan elegan membuat bangunan terlihat lebih berkesan dan eksklusif.

Cat lantai khusus atau Epoxy Lantai dapat membantu Anda dalam memperbaiki keindahan dan kebersihan dekorasi lantai Anda. Cat lantai tersebut tidak hanya memberikan warna dan tekstur yang baik, melainkan juga melindungi serta melapisi permukaan lantai di pabrik, kantor, ataupun gudang Anda.

Sebelum Anda akan memutuskan untuk menggunakan cat lantai, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis cat epoxy lantai. Hal ini agar memudahkan Anda menemukan solusi pelapis lantai yang sesuai kebutuhan Anda. Cat epoxy lantai itu sendiri memiliki berbagai jenis seperti bahan bakunya, dan tingkat ketebalannya. Berikut ini ada beberapa jenis cat epoxy lantai tersebut.

Berdasarkan Bahan Bakunya

Jenis cat epoxy lantai tergantung dari kandungan bahan baku yang digunakan pada umumnya bisa dibedakan menjadi tiga kategori yaitu cat epoxy lantai yang biasa mengandung pelarut solvent ataupun thinner. Untuk cat epoxy lantai yang mengandung pelarut solvent atau thinner biasanya mudah saja didapatkan di toko-toko cat. Selanjutnya cat epoxy lantai yang mengandung pelarut air atau water based epoxy. Jika dibandingkan dengan cat epoxy lantai yang mengandung solvent, maka cat epoxy yang mengandung air masih belum terlalu banyak ditemukan di toko-toko cat.

Untuk kedua jenis cat lantai ini lebih banyak digunakan oleh para kontraktor pengecatan epoxy lantai atau oleh tukang cat biasa. Hal ini biasanya disebabkan karena viskositas atau kekentalan dari cat epoxy lantai tersebut yang lebih encer. Cat epoxy tersebut lebih mudah untuk diaplikasikan ke permukaan lantai.

Cat epoxy lantai dengan solid content 100% biasanya akan lebih sulit diaplikasikan. Hal tersebut dikarenakan karakteristiknya yang berkebalikan dengan cat epoxy lantai yang mengandung pelarut atau pengencer tersebut.

Baca Juga : jasa epoxy lantai jakarta, tangerang

Berdasarkan Tingkat Ketebalannya

Berdasarkan tingkat ketebalannya, cat lantai ini dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu Epoxy Coating merupakan pelapisan cat epoxy lantai dengan ketebalan 300 sampai 500 micron. Untuk Epoxy Floor yaitu pelapisan cat epoxy lantai dengan ketebalan 1000 sampai 3000 micron. Sedangkan Epoxy Mortar adalah pelapisan cat epoxy lantai dengan ketebalan hingga 3 sampai 5 milimeter.

Baca Juga Artikel Lain di : https://www.ddpokemon.com/

Inilah beberapa jenis cat lantai yang harus Anda ketahui dan pahami. Apabila Anda berminat untuk merapikan dan menjadikan lantai bangunan Anda maka tidak ada salahnya bagi untul mengetahui tentang cat epoxy lantai. Hal ini akan memudahkan Anda menemukan solusi pelapis lantai sesuai dengan kebutuhan Anda.

shares